2011-03-04

making a world

Membuat sebuah komik yang bagus itu (menurut gua) bisa membuat sebuah dunia.

Kenapa begitu? Coba kalian baca komik Doraemon ama Crayon Shinchan yang seri pertama, terus baca yang paling akhir. Pasti beda banget kan? Soalnya selain pengembangan di gambarnya, di dalem pembuatan komik seperti yang saya bilang tadi, pasti ada pengembangan karakter seperti dari sifat, kebiasaan, pertemananan, dll di dalem komik yang akhirnya jadi pilihan sang kreator buat kedepannya. Selain sifat, lingkungannya juga perlu dibuat. Kalo semua uda jadi, kita tinggal bermain-main (baca: ngebuat cerita) aja di dalemnya.

Sama halnya kayak film. Saya suka banget ama film-film Christopher Nolan. Dia bisa ngebuat dunia dalam waktu singkat seperti film Inception. Cuma dalam 2 jam dia bisa ngebuat dunia yang bener-bener baru dan hebatnya lagi jadi perbincangan orang-orang. Wah gile deh emang sineas yang satu ini.

Saya juga pengen banget kayak gitu. Tapi sayang banget, saya belom bisa ngebuat lingkungan yang menjadi dunia di komik saya. Komik saya masih sebatas satir dari kehidupan kita semua. Jadi ya komik saya tentang kita-kita juga. Kalo kayak gitu sih semua orang juga bisa. Bahkan sebenernya ga perlu komik kayak gitu. Komik kayak gitu menurut saya malah gampang dilupakan.

Yah pokoknya saya mau membuat dunia lah.