2008-03-28

Mengalah untuk menang

ARGH!!Sial.
Hape gue doang yang disita guru biologi, padahal banyak banget yang pakai hape pas lagi pelajarannya.Eh, sialnya, gue doang yang kena.

En tambah sialnya lagi, guru itu (biasanya) berkuasa [terhadap murid-muridnya], jadi (biasanya) menyinggung tuh guru -kalo ketahuan- bisa berarti nilai kita jelek. Yauda deh gue pasrah disita. Untungnya, gue cuman disuruh panggil orang tua ama suruh bikin surat pernyataan supaya gak main hape lagi di kelas. Alhasil tuh hape udah balik besoknya.

Kalo gitu lebih baik murid gak usah berdebat ama guru di sekolah? Bukannya lebih baik gak usah, tetapi lebih baik ditunda dulu, guru di sekolah emang biasanya begitu ama murid, walopun gak semuanya.


Menurut orang jawa, (kalo gak salah) menang itu ada 3 istilah (dibawah ini gue gak tau tulisannya bener ato kagak), yaitu:
1. Menang tampa ngasa rake
Jadi si musuh menang, tapi kita gak ngerasa kalah, jadi kayak misalnya hari ini partai, besoknya saling sapa-sapaan, hai-hai an, nongkrong bareng, canda-candaan, dua-duaan, deket-deketan(nah lho).

2. Ngeli tampa keli
Artinya, terbawa arus tapi tidak ikut hanyut. Jadi kita ikutin aja kemauan dia, tapi jangan sampai terjerumus masuk ke dalamnya. Jadi misalnya seperti kekuasaan seorang diktator, kita ikutin aja kemauan dia, tapi jangan terlalu tunduk, nah kalo uda siap -misalnya siap untuk menggulingkan dia- baru bertindak, tapi liat-liat dulu, was was pokoke.

3. Sekti tampa aji-aji
Jaman dulu kala, yang namanya keris itu hampir semuanya punya kekuatan gaib, (denger-dengernya sih) ada keris yang bisa nangkal banjir, kebakaran dan sebagainya. Nah, itu -kalo gak salah- salah satu dari aji-aji. Gue kalo yang ini gak terlalu ngerti, ya gitu deh pokoke. Sakti tanpa aji-aji.

Jadi mengalah bukan berarti kita kalah, tapi kemenangan yang tertunda, pokoknya segala sesuatu yang cepat biasanya gak baik, jadi jangan maunya langsung menang, yang biasanya akhirnya lewat "orang pintar".